Rabu, 14 Maret 2012

Perbedaan Topik & Judul

Nama : Jullia Van Gobel
NPM : 20109496
Kelas : 3KB01


TOPIK

1) Pengertian Topik
Topik berasal dari Bahasa Yunani yaitu “TOPOI” yang berarti tempat. Sedangkan dalam tulis menulis, topic berarti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikrel.

2) Syarat Topik
Syarat untuk menentukan sebuah topik yang baik yaitu :

a) Menarik untuk ditulis dan dibaca.
Topik yang menarik utnuk penulis, dapat meningkatkan semangat dalam mengembangkan penulisannya, sedangkan untuk pembacanya, dapat mengundang minat untuk membaca.

b) Dikuasai oleh Penulisnya
Penulis harus benar-benar menguasai teori-teori ( data sekunder ), maupun data dilapangan (data primer). Selain itu, penulis juga harus menguasai waktu, biaya, metode pembahasan, bahasa yang digunakan, dan bidang ilmu.

3) Pembatasan Topik
Pembatasan sebuah topik meliputi :

a) Konsep
b) Variabel
c) Lokasi
d) Pengumpulan data
e) Waktu pengumpulan data

Pembahasan sebuah topic harus dilakukan secara cermat, sesuai dengan kemampuan dana, tenaga, waktu, tempat, dan kelayakan yang dapat diterima oleh pembacanya. Karena, pembahasan topic yang terlalu luas mengfhasilkan tulisan yang dangkal, tidak mendalam dan tidak tuntas. Selain itu, pembahasan menjadi tidak fokus pada masalah utama yang ditulis atau di baca, akibatnya pembahasan menjadi panjang, namun tidak berisi. Sebaliknya, topik yang terlalu sempit, akan menghasilkan tulisan yang kurang bermanfaat bagi pembacanya, karangan juga akan menjadi sulit di kembangkan, hubungan variabelnya juga kurang jelas, tidak menarik untuk di bahas atau di baca.


JUDUL

1) Pengertian Judul
Judul merupakan identitas atau cermin dari jiwa seluruh karya tulis. Judul adalah nama yang dipakai untuk sebuah buku, bab dalam buku, kepala berita dan lain sebagainya yang bersifat menjelaskan diri danyang menarik perhatian, dan sering kali menentukan wilayah (lokasi).


2) Syarat Topik
Syarat-syarat dalam menetukan Judul :

a) Harus Relevan
Judul harus relevn. Artinya, Judul harus mempunyai pertalian dengan temanya, atau ada pertalian dengan beberapa bagian penting dari tema tersebut.

b) Harus Proaktif
Judul harus proaktif. Artinya, harus menarik dengan sedemikian rupa sehingga dapat menimbulkan keingin tahuan dari tiap pembaca terhadap isi buku atau karangan.

c) Harus Singkat
Judul harus singkat. Artinya, tidak boleh mengambil bentuk kalimat atau frasa yang panjang, tetapi harus berbentuk kata atau rangkaian kata yang singkat. Sebaiknya judul tidak lebih dari 5 kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar